Cara membuat blog sederhana hingga menghasilkan uang

 pengertian dan cara pembuatannya

 Blog merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum serta situs web yang ditulis berdasarkan kronologis waktu. Blog itu sendiri adalah singkatan dari "web log". Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Teknis tulisan-tulisan dalam blog biasanya dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun hal tersebut tidak selalu demikian. Dengan blog pengelolaan jauh lebih mudah dibanding dengan situs web pada umumnya, serta dapat memuat berkas teks, gambar, animasi, video, foto, audio, music, presentasi bahkan sekedar catatan harian online. Dalam kepesatan dunia teknologi saat ini (IT) tidaklah mungkin kita mampu membaca semua informasi yang tersedia di internet. Maka disinilah pentingnya adanya suatu wadah untuk berbagi berbagai macam informasi dengan pengelolaan pengetahuan melalui blog sebagai media pembelajaran bersama serta pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).



 Fungsi dari blog sangat beragam, bisa digunakan sebagai sebuah catatan harian, media publikasi baik dalam kampanye politik, komersial maupun non-komersial, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. weblog banyak juga yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

Majunya dunia IT ini terutama dengan adanya blog, muncul komunitas komunitas blogger yang terbentuk dari para blogger maupun pengguna blog berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Biasanya untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalnya berasala dari daerah tertentu, institusi tertentu bahkan persamaan hobi maupun kegiatan.

 Dalam panduan ini akan menuntun bagaimana proses pembuatan blog agar dapat mencapai tujuan secepat mungkin dan juga mengembangkan blog sehingga bukan hanya menjadi salah satu blog yang aktif sesaat saja. Akan tetapi dengan blog yang kita miliki mungkin bisa membuatnya sebagai salah satu sumber pendapatan. Panduan cara membuat blog ini akan menerangkan bagaimana memilih platform blog yang baik sampai ke topik seperti membuat konten yang baik dan menarik perhatian pemirsa.

 

JENIS-JENIS BLOG

Adapun blog terdiri dari beberapa jenis, diantaranya:

·       Blog politik:

Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).

·       Blog pribadi:

Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.

·       Blog bertopik:

Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.

·       Blog kesehatan:

Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan- ketarangan tentang kesehatan, dll.

·       Blog sastra:

Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).

·       Blog perjalanan:

Fokus    pada    bahasan    cerita    perjalanan             yang    menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.

·       Blog riset:

Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.

·       Blog hukum:

Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).

·       Blog media:

Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi

·       Blog agama:

Membahas tentang agama

·       Blog pendidikan:

Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.

·       Blog kebersamaan:

Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.

·       Blog petunjuk (directory):

Berisi ratusan link halaman website.

·       Blog bisnis:

Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka

·       Blog pengejawantahan:

Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing

·       Blog pengganggu (spam):

Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)

 

LAYANAN BLOG GRATIS

Dalam pembuatan blog ada beberapa layanan yang paling sering digunakan, yaitu : Blogger.com (blogspot.com) dan Wordpress.com. Tentunya di antara kedua layanan tersebut memiliki fitur dan keunggulan tersendiri. Seperti di Wordpress.com : aksesnya cepat, fitur layanan

lengkap, statistic layanan yag terintegrasi, memiliki sistem komentar yang lebih baik, dll.

 

Tentunya ada berbagai tujuan dari pembuatan blog. Semuanya tergantung motivasi individu yang bersangkutan. Dengan membuat blog tentunya dapat menambah wawasan dan perspektif ke mana blog yang di bangun akan digiring nantinya. Beberapa orang membuat blog sekedar hobi. Memang inilah tujuan awalnya ketika perangkat lunak blog pertama dikembangkan. Adanya metode yang mudah untuk mengarsip catatan pribadi dan juga berbagi dengan yang lainnya apa yang mereka tulis. Blog saat ini memiliki fungsi yang beragam, dimana dapat dipergunakan sebagai album foto, berbagi pengalaman tentang apa yang pelajari sehari-hari, maupun sebagi cara untuk berkomunikasi dengan teman dekat atau sanak keluarga. Ketika kita memiliki blog maka dapat menulis kapan saja tanpa harus terkoneksi ke Internet. Melalui media ini kita dapat menciptakan konten yang menarik untuk dibagikan maupun didiskusikan bersama di dunia maya. Dengan memiliki blog akan muncul tantangan untuk mengembangkannya, yaitu : menarik pengunjung, membuat mereka tetap tertarik, mengembangkan komunitas, dan menjadikannya sumber pendapatan merupakan topik yang lain pula.

 

Memiliki blog kita dapat pula bergabung ke dalam suatu wadah atau komunitas blogger yaitu sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus/insitusi/instansi, kesamaan hobi, dan sebagainya. Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu. Dari aktivitas nge-blog ini, beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan seperti AdSense, posting berbayar, penjualan tautan, atau afiliasi. Sehingga muncul istilah blogger profesional, atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog.


Secara profesional dan dari segi bisnis, blog dapat digali lebih jauh yang dapat menawarkan berbagai keuntungan, diantaranya adalah :

·       Mendemonstrasikan keahlian dan membangun komunitas

Tidak ada cara yang lebih baik untuk mendemonstrasikan keahlian yang kita miliki selain menulisnya. Orang yang menemukan tulisan atau artikel mengenai diri kita akan menyimpulkan sendiri bahwa diri kita cukup berpengetahuan tentang suatu topik. Blog juga dapat dipergunakan untuk mengumpulkan pemirsa dan membangun komunitas seputar suatu bidang.

·       Sebagai curriculum vitae (CV) atau resume

Setiap orang dapat menulis resume terbaik dengan daftar keahlian yang beragam. Tapi dewasa ini yang dibutuhkan perusahaan adalah bukti bahwa diri kita / instansi tempat kita bekerja benar-benar menguasai bidang tersebut. Dengan memiliki blog dapat menciptakan konten yang bermutu seputar topik yang kita kuasai, disini blog memiliki alat pendukung kuat bagi resume kita.


·       Sebagai sumber pendapatan penuh atau sampingan

Ada banyak peluang terduga maupun tak terdu-ga yang dapat dikembangkan dari sebuah blog. Dengan pemirsa yang tetap dan tertarget, kita dapat menjalin kerjasama dengan jejaring periklanan untuk menampilkan iklan. Model bisnis ini cukup menguntungkan karena kita hanya fokus pada pembuatan konten dan komunitas. Banyak blogger yang juga berhasil mendapatkan kontrak penulisan buku, menjadi pembicara di seminar, konsultasi dan beberapa pendapatan lainnya.

 Jadi apapun tujuan kita, membuat sebuah blog dapat digunakan sebagai alat berkomunikasi dengan prospek dan pelanggan serta menciptakan kehadiran yang lebih nyata di dunia maya.

 Sebelum kita membuat sebuah blog, kita harus menentukan platform blog yang akan kita gunakan. Dalam dunia blogger ada dua jenis platform blog gratis yang bisa kita manfaatkan untuk kepentingan kita, yaitu :

 •  Blogger.com dan WordPress.org dimana kedua platform tersebut merupakan yang termudah dengan tutorial blog yang memadai. Tentunya dari kedua jenis platform tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan. WordPress.com menggunakan perangkat lunak dari WordPress.org untuk memberikan jasa hosting kepada pemakai Internet. Tentunya ada opsi-opsi yang harus kita beli bila ingin menambah fitur. Dengan menginstal WordPress.org di hosting, kita dapat menyesuaikan fitur sesuai keinginan selama hosting yang kita miliki mengizinkannya. Banyak platform blog yang lain tapi WordPress dan Blogger telah menjadi begitu populer dan pada dasarnya dapat dibentuk menjadi apapun yang kita inginkan sehingga tidak ada alasan lain memilih yang lain. Bila kita menemukan masalah atau menginginkan suatu fitur tambahan, dengan memilih platform yang populer, ada banyak kemungkinan orang lain telah menyelesaikan problema atau mengembangkan fitur tersebut.

 • Langkah-langkah membangun blog diawali dengan membuat e-mail terlebih dahulu. E-mail dalam blog ini diperluklan sebagai verivikasi akun kita. Ada beberapa alamat email yang bisa kita gunakan secara gratis, yaitu

: gmail.com dan yahoo.com.

 • Email adalah aktivitas online yang paling popular di kalangan para pengguna internet baik yang penggunaannya hanya untuk sekadar berkomunikasi atau yang bekerja di rumah atau pun yang bekerja di kantor. Email adalah surat elektronik yang penggunaannya sekarang didukung oleh

3 jenis protokol internet, yaitu Post Office Protocol yang disebut juga sebagai POP, Internet Mail Access Protocol disebut juga IMAP, dan yang ketiga adalah Simple Mail Transfer Protocol yg disebut SMTP.E-mail juga sebagai sarana komunikasi yang mudah diakses dan sangat hemat serta cepat hanya dalam hitungan detik seseorang sudah dapat menerima dan mengirim email ke mana pun di dunia ini. Email adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet. E-Mail merupakan salah satu Process pengiriman surat melalui internet dengan menggunakan waktu yang sangat


singkat dan cepat (+- 1 Menit). Adapun anatomi e-mail adalah sebagai berikut :

Contoh : yogyakarta@rocketmail.co.id

-          yogyakarta:

nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) yang ingin dituju dalam mailserver

 

-          rocketmail.net.id :

nama mailserver tempat pengguna yang dituju, rinciannya:

a.      rocketmail: subdomain (milik pemegang nama domain), biasanya merujuk ke suatu komputer dalam lingkungan pemilik domain

b.     net : second level domain, menunjukkan bahwa domain ini termasuk kategori networking (net)

c.      id: top level domain, menunjukkan bahwa domain ini terdaftar di otoritas domain Indonesia (id)

 

Langkah membuat email tidaklah sulit. Sarana membuat email disediakan gratis oleh semua website seperti : gmail.com, yahoo.com, rocketmail.com ymail.com, plasa.com dan lainnya.


Dalam hal ini kita akan mencoba membuat email dengan akun gmail.com. Layanan email yang diberikan oleh google ini bisa dibilang layanan email terbaik abad ini. Email di gmail meskipun gratis mempunyai kelebihan yang pantas dibanggakan dibandingkan layanan email yang lain. Salah satunya adalah kapasitas simpan yang besar dan selalu bertambah. Selain kapasitas simpan yang besar, layanan email dari google ini memiliki fasilitas penyaring email spam yang bagus, adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :


1. Langkah paling awal, siapkan koneksi internet, bukan browser, bisa menggunakan internet explorer atau Mozilla firefox.

2.    masukan alamatnya urulnya http://mail.google.com/ atau http://gmail.com atau kamu juga bisa masukan dulu

http://google.co.id, kemudian klik menu gmail pada bagian atas jendela google.

3.     Kemudian pilih tombol (create an account) atau (sign up ke gmail).

4.    Lalu masukan identitas kita pada formulir pendaftaran, apabila kesulitan dalam mengisi karena formulir berbahasa inggris, kita bisa mengganti bahasanya pada pojok kanan sebelah atas jendela formulir pendaftaran.




5.    Untuk pengisian verifikasi kata, jika sulit dibaca, bisa diganti dengan klik pada simbul kecil yang ada disebelah kanan kotak isian verfikasi kata.

6.    Kalau semua sudah diisi, tinggal klik tombol [I accept, Create my account] atau [Saya menerima. Buatkan akunku]..

 

7.    untuk mencoba menampilkan email yang kita buat, lansung aja klik tombol [show me account] atau [saya siap – tampilkan account saya]



8.    Jika akan membuka email, langkahnya buka http://mail.google.com, jika sudah tampil jendela gmail, masukkan id gmail, dan paswod kamu, kemudian klik [masuk] maka akan di bawa ke kotak masuk gmail kita.

9.    Demikian langkah-langkah dalam membuat email melalui akun gmail, selamat mencoba.

Membuat Blog di Wordpress.com

Setelah kita memiliki akun e-mail, selanjutnya membuat blog, disini platform yang digunakan adalah Wordpress.com, karena dengan platform tersebut memiliki akses yang cepat, fitur lebih lengkap, statistik layanan terintegrasi dan cocok bagi pengguna yang tidak perlu mengedit CSS (Cascading Style Sheets) dan HTML (Hyper Text Markup Language). Adapun langkah- langkah dalam membuat blog di Wordpress.com :

1.     Buka perambah

2.     Di kolom alamat ketikkan wordpress.com

3.     Klik tombol ‘Sign Up Now!’

4.     Muncul akun Wordpress.com


Mengisi formulir di Wordpress.com

Nama Pengguna: ketikkan nama anda (minimal 4 karakter, huruf, angka).

Alamat Email: ketikkan alamat email yang masih aktif (untuk menerima kata sandi).

Celotehan Legal: beri tanda persetujuan setelah membaca dan menyetujui persyaratan layanan.

 

5.     Klik tombol Berikutnya >>


6.     Muncul opsi jendela wordpress.com untuk mendaftarkan diri

 

Mengisi formulir

Domain Blog: ketikkan nama domain yang mudah diingat dan ditulis. Nama ini tidak dapat diubah lagi, kecuali membuat blog baru.

Judul Blog: ketikkan judul blog.

Bahasa: kali ini dipilih Bahasa Indonesia.

Pribadi: beri tanda jika blog kita dapat dikonsumsi publik nantinya.

7.     Klik tombol ' Daftar>> '.

8.     Muncul perintah untuk melihat / cek email anda

Setelah email dibuka, perhatikan pada teks inbox atau surat masuk, cek surat yang masuk dari wordpress.com, ada permintaan untuk mengaktifkan blog yang sudah dibuat. Klik pada link yang disarankan.

9.     Setelah aktif muncul jendela wordpress.com

 Jangan lupa untuk mencatat kata sandi/password-nya Selanjutnya klik ‘Login’ untuk melanjutkan

10. Muncul kotak dialog yang meminta untuk memasukkan nama pengguna dan password

11. Setelah memasukkan nama pengguna (username) dan kata sandi (password) muncul tampilan blog anda di dalam jendela wordpress.com

12. Buka perambah ketikkan nama blog anda pada kolom alamat. Misalnya 

https://panelprograms.wordpress.com maka akan masuk ke alamat blog yang anda buat.

 Setelah blog sudah dibuat,, langkah selanjutnya adalah mengelola blog itu dengan memposting atau menambahkan tulisan, artikel, gambar, foto, video, suara yang dapat dilakukan setiap saat. Selain hal itu, melalui pengaturan yang terdapat dalam fitur blog kita, dapat mengatur tampilan blog, profile, edit teks dan gambar, edit halaman maupun tautan sesuai dengan keinginan kita.