Exblog JP vs Blogspot Mana yang lebih baik?

 Tadi malam ada pesan masuk dari instagram pembaca blog ini, dia bertanya “Selamat malam mas, Mau nanya Lebih bagus mana Exblog JP atau Blogspot untuk jangka panjang?”

Dari pesan tersebut, saya malah ingin menjawabnya dengan sebuah artikel panjang agar mas nya tadi bisa lebih dalam mempertimbangkan antara exblog jp dengan blogspot.

Exblog.jp dan Blogspot merupakan platform blog yang notabenenya sama-sama menggunakan subdomain dari situs penyedia platform blog gratisan.

Untuk mengetahui mana yang lebih baik diantara kedua platform tersebut, sebaiknya kita bahas satu-satu mulai dari definisi, kelebihan, kekurangan serta potensi untuk jangka panjangnya.



Apa itu Exblog JP dan Blogspot?

Exblog.JP adalah sebuah platform blog gratis yang disediakan oleh negara jepang untuk mengumpulkan para penulis yang ingin mengabadikan moment nya dengan catatan-catan kecil.

Exblog bukan platform blogging open source yang bisa kita kreasikan tampilan template nya sesuai dengan kemauan kita.

Sedangkan Blogspot.com merupakan platform blogging miliki google yang sudah lama kita kenal bersama.

Berbeda dengan exblog, blogspot adalah platform blog yang open source artinya kalian bisa mengedit dan mengubah tema tampilan nya sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Kedua platform tersebut sama-sama gratis dan tidak ada biaya apapun untuk membuatnya.

Namun, kalian hanya akan mendapatkan hak atas subdomain mereka atau secara umum bisa disebut “Numpang”.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari kedua platform blogging tersebut?


Kelebihan Serta Kekurangan Exblog JP dan Blogspot

Meskipun banyak kesamaan antara kedua platform tersebut, tapi ada juga kelebihan serta kekurangan dari keduanya.

Lebih lengkapnya, mari kita bahas bersama!!


Kelebihan dan Kekurangan Exblog.JP




Beberapa kelebihan Exblog.JP:


1. Gratis Tanpa biaya pembuatan, Membuat blog di exblog.jp gratis selamanya tanpa ada biaya tersembunyi apapun.

2. Proses Pembuatan yang Mudah, Proses pembuatan nya juga cukup mudah dan tidak memakan waktu lama.

3. Cocok untuk pemula yang masih awam, Meskipun kalian baru dalam dunia blog, exblog sangat mudah di operasikan.

4. Tidak Butuh keahlian yang lebih, Tidak harus paham bahasa pemrograman untuk ngeblog dengan platform tersebut.

5. Mudah di Detima Google Adsense, Daftar adsense super cepat karena exblog merupakan salah satu partner dari google adsense.

6. Artikel Cepat Terindeks, Artikel di Exblog juga lebih cepat terindeks dan masuk di halaman google.

7. Fitur Promosi Berbayar, Bagi kalian yang ingin meningkatkan jumlah pengunjung di exblog bisa dengan cara promosi berbayar.


Sedangkan kekurangan dari exblog.jp adalah sebagai berikut:


1. Tampilan Jadul, Tampilan tema di exblog cenderung jadul dan ketinggalan jaman.

2. Bahasa Jepang, Bahasa antarmuka default yang menggunakan bahasa jepang sangat tidak cocok untuk kita yang tidak faham.

3. Bukan Open Source, Tidak memiliki kontrol full terhadap kode html template untuk kita berkreasi.

4. Tidak Bisa Custom Domain, Di Exblog kita hanya diberi akses ke subdomain saja dan tidak bisa dicustom domain sendiri.

5. Optimasi SEO yang Terbatas, Beda dengan wordpress dan blogspot yang bisa kita maksimalkan SEO On Pagenya, di Exblog malah terbatas. tidak bisa atur permalink dan meta deskripsi.


kelebihan dan kekurangan blogspot



Berikut keunggulan yang dimiliki platform blogspot.com:

1. Sepenuhnya Gratis, Sama dengan exblog, blogspot juga menawarkan platformnya secara gratis tanpa biaya sewa hosting dan domain.

2. Pembuatan Mudah, Cara membuat blog di blogspot juga sangat mudah dan cepat meskipun untuk pemula sekalipun.

3. Dashbord Setting yang simpel, Menu settings nya juga simpel dan berbahasa indonesia jadi lebih mudah untuk di operasikan.

4. Fitur Optimasi SEO, Diblogspot, kalian bisa optimasikan SEO On Page dengan mengatur format gambar menjadi WebP, mengatur permalink dan meta deskripsi yang 

5. sesuai dengan kaidah SEO.

6. Fitur Custom Domain, Diblogspot kalian bisa membuang subdomain nya dan mengganti dengan domain sendiri yang sudah dibeli dari penyedia domain.

7. Bebas Ganti Template, Beda dengan exblog, di blogspot kalian memiliki kebebasan untuk mengubah dan berkreasi untuk mengubah tampilan blog agar lebih cantik.


Adapun kekurangan dari blogspot adalah:


1. Artikel susah terindeks, Salahsatu permasalahan di blogspot saat ini adalah proses indeks yang amat lama bahkan bisa jadi tidak terindeks sama sekali.

2. Susah Daftar Adsense, Untuk bisa diterima google adsense, blogspot kalian harus benar-benar mematuhi ketentuan yang sudah ditetapkan pihak adsense. berbeda 

3.dengan exblog yang auto approve.

Itulah kelebihan dan kekurangan dari blogspot, sekarang kalian bisa bandingkan platform blog mana yang akan kalian gunakan untuk ngeblog jangka panjang.


Kesimpulan nya




Setelah melihat dan mengetahui perbedaan diantara keduanya, silahkan kalian pilih sendiri platform blog yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan kalian.

Jika tujuan ngeblog kalian untuk daftar adsense, maka exblog lebih cocok. Sedangkan jika tujuan nya untuk belajar blog, maka blogspot lebih disarankan.